19 Jan 2010

Tips Cara Memilih Durian Duren yang Baik :D


Nyambung nih mumpung lg musim duren . . HAH . . HAH . . Bau duren ga tuh mulut ane? ceritanya nyombong barusan dapet duren gratisan, hahaha . . ups, bau duren! (:najis)
Oceh masuk ja pada bab selanjutnya yaitu cara memilih duren yang baik dan benar, pilih dengan tanda silang (x), hahay . . itu mah ujian . .




"Hobi makan durian? Buah yang di juluki Si raja buah ini memang banyak disukai, terlebih bagi mereka pecinta durian. Aroma khas durian memang buat ngiler apalagi jika daging buah ini tebal dan legit hmm.. pasti ingin lagi dan lagi.

Tapi tahukah Anda bagaimana memilih durian yang baik dan lezat? Ternyata tidak hanya dicirikan dari baunya yang harum loh, ada cara tersendiri untuk memilih durian yang enak dan memuaskan.

Jika biasanya Anda mempercayakan kepada pedagang untuk memilihkan, kini Anda tidak perlu lagi melakukan itu jika tidak ingin merasa kecewa saat durian dibawa pulang. Kadang ada saja kekurangannya, tapi dengan bekal tips dan trik berikut, semoga Anda puas dengan durian pilihan Anda, pulang dan nikmatilah durian yang Anda pilih.

Tips memilih durian lezat

  1. Pilihlah durian yang bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris
  2. Perhatikan bagian bawahnya, pastikan durian belum pecah/ terbuka ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa)
  3. Periksa tangkainya. Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal dan pendek, sudah tentu dagingnya tebal, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis
  4. Cium aroma buah. Durian masak, bisa ditandai dengan mencium aroma buah
  5. Saat memilih durian jangan lupa tepuk-tepuk dengan benda tumpul, jika bergema berarti sudah masak dan bisa dikonsumsi
  6. Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek.
  7. Cara memastikan durian matang dipohon dan durian dikarbit (disimpan). Lihatlah bagian batang, durian yang matang di pohon biasanya tangkainya akan bergerigi, karena durian jatuh langsung dari pohonnya, tapi jika batang terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu.
Cara mengatasi mabuk durian :

Kebanyakan makan durian memang bisa menyebabkan kepala pusing dan perut menjadi panas, istilah kerennya dinamakan mabuk durian. Cara menetralisirnya sebetulnya mudah, tapi masih banyak yang belum mengetahuinya.

Manggis yang dijuluki Si ratu buah bisa membantu menetralisir mabuk durian, usahakan saat mengkonsumi durian, sediakan juga buah manggis. Sebab manggis dipercaya bisa menetralisir.

Cara kuno yang biasa dipakai yaitu dengan menggunakan kulit durian itu sendiri. caranya dengan meminum air yang dituangkan pada lekukan kulit durian. Kulit durian yang berwarna putih memiliki zat penawar untuk alkohol yang terkandung dalam durian. Buktikan jika Anda penasaran.

TAMBAHAN:
Ane juga pernah nonton tips milih durian, jadi kalo mau ngecek manis apa nggk, si tangkainya itu dipotong tipis ja pake piso, bret! terus rasain yang ditengah2nya itu, kalo manis berarti tu duren rasanya manis. Tapi masalahnya kudu bawa piso sendiri, soalnya ada penjual yang udah ngasih pemanis di piso'nya, jadi nanti kita malah ngerasain manis yang dari pisonya itu deh . . tepu deh! ketipeng deh! kena deh! hahahay . .

10 komentar:

  1. thanks ya atas tips nya dari mila cuantik

    BalasHapus
  2. http://img27.imageshack.us/img27/5623/emokaskusrayusmall.gif

    thx bgt ya Gan

    http://i696.photobucket.com/albums/vv326/datuckhaha/sundul.gif

    BalasHapus
  3. tengkyu infonya... 7:)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. keliatannya dah mau mulai musim durian lagi nih .. jadi manfaat banget baca tips memilih durian yang agan sampaikan, spy nggak salah pilih. dah mahal salah pilih kan sakitanya tuh disini(nunjuk di dompet) hehe

    BalasHapus
  6. I've been trying to reach you 'Cause I got something to say But you're talking about just nothing at all And you're slipping away ... You make me feel, you make me real, For the rest of my days, in so many ways, You make me feel !!!
    Pengobatan kista indung telur
    Cara menghilangkan rasa perih di lambung
    Obat herbal jantung

    BalasHapus
  7. Durian mau diapain aja mantaffff

    BalasHapus